Tempat Foto Depan Patung Emas Besar di Kualalumpur : Batu Caves

Bagi yang pernah liat foto orang lain berwisata di Malaysia, salah satu nya yang iconic adalah foto di depan patung besar keeemasan, yakni di Batu Caves di Kualalumpur.

Batu caves di Kualalumpur ini memang salah satu tempat wajib yang perlu dikunjungi bagi turis yang baru pertama kali ke Kualalumpur (baca : daftar tempat wisata di Kualalumpur).

Kapan lagi bisa di Kualalumpur foto depan patung besar setinggi 42 meter lebih dengan warna keemasan berdiri kokoh. Selain itu ada juga beberapa goa yang dijadikan kuil Hindu yang bisa dimasuki yang semuanya bercorak Hindu India, dimana goa utama paling besarnya harus naik tangga dulu yang jumlahnya 272 anak tangga.

Untuk menuju kesana lebih baik menggunakan KTM karena tempat ini lumayan jauh jika ditempuh menggunakan transportasi lain. Selain itu untuk pelancong lebih efisien karena kita tidak perlu bingung bus nomer berapa yang digunakan.

Untuk biaya KTM menuju ke Batu Cave sedikit mahal karena letaknya yang berada di pinggir kota , biar lebih mudah ambil stasiun KTM yang ada di KL Sentral.

Beli tiket di mesin KTM komuter, klik tujuan batu caves, dan masukan uang.  Setelah itu akan keluar kepingan token yang merupakan tiket kalian untuk masuk KTM komuter. Jangan lupa lihat petunjuk arah yang diberikan, (kalau tidak salah jalur menuju Batu Caves ada disebelah kanan setelah men-scan token) jangan sampai salah karena kereta menuju Batu Caves hanya beroperasi sekitar 30 – 60 menit sekali. (Juli 2018).

[info: jika kalian tertinggal, dan memiliki waktu tunggu 1 jam bisa juga keluar dari Stasiun KTM menuju museum negara (biaya: 5 ringgit u/ warga asing) yang berada di depan Stasiun. Tapi pastikan dulu apakah waktu nya masih mencukupi].

Setalah melewati perjalanan panjang kalian akan sampai ke Batu Caves. Di pintu masuk banyak yang menjual aksesoris Hindia, serasa berada di Hindia 😀 karena penjualnya orang Hindia yang telah berkewarganegaraan Malaysia. Anda bisa melihat patung-patung dari raja/dewa Hindu India. Beberapa bagian masih dalam tahap pembangunan. (biaya sekitar 5 ringgit).

Setalah itu anda bisa menuju ke ikon dari Batu Caves ini yaitu patung dewa Murugan berwarna Emas. Di kawasan lapangan terbuka depan patung terdapat banyak burung dara, disana ada orang yang menawarkan untuk memberi makan burung- burung tersebut dengan gratis.

Oiya beberapa petunjuk arah menggunakan bahasa Hindi membuat suasana terasa seperti di Hindia.

Disebelah Patung terdapat tangga yang sangat tinggi dari sana kita bisa melihat keindahan alam disekitar, tetapi bagian dalam masih dalam tahap perbaikan. Dan hati hati, ada banyak monyet juga di sekitar tangga dan goa, yang beberapa diantaranya cukup nakal mengambil bawaan tentengan kita.

Maka jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke Batu Caves dan foto depan patung emas raksasa selama anda di Kualalumpur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *